Bleibt Jung und Rebeliert.

Freitag, 7. Dezember 2012

JERMAN SELAYANG PANDANG: ANGKA,FAKTA,INFORMASI. -RINGKASAN-


Jerman Selayang Pandang

Republik Federal Jerman yang terletak di jantung Eropa adalah negara demokrasi terbuka, negara bertradisi besar dengan masa kekinian penuh hidup. Jerman termasuk negara berdaya ekonomi paling kuat di dunia; sektor ilmu pengetahuannya senantiasa melahirkan inovasi. Pada waktu yang sama industri kekreatifan dan kehidupan budaya berkembang dengan subur di Jerman. Dengan 82 juta warga, Jerman merupakan negara anggota Uni Eropa yang paling padat penduduk.

Negaranya: Di Jantung Eropa

Jerman dikelilingi sembilan negara tetangga. Wilayah kedaulatannya seluas 357.000 km2 terbentang antara Laut Utara dan Laut Baltik di utara dan Pegunungan Alpen di selatan. Tiga di antara sungai terbesar di Eropa – Rhein, Donau dan Elbe – beralir melalui Jerman. Bentang alamnya sangat beragam dan penuh daya tarik: ada bukit barisan, pegunungan tinggi, pedataran dengan gugus danau yang luas, hutan luas serta garis pantai sepanjang 2.390 kilometer.


Sejarah: Retakan dan Permulaan Baru

Dalam perjalanannya menuju demokrasi berasas kebebasan dan sistem parlementer yang berfungsi dengan baik, Jerman mengalami banyak retakan historis. Termasuk di antaranya kegagalan dari Revolusi Maret (1848) dan Republik Weimar (1919-1933), tetapi terutama pergeseran dahsyat yang ditimbulkan oleh nasionalsosialisme, holocaust dan Perang Dunia II (1933-1945). Sebagai akibat PD II, Jerman terbelah menjadi Republik Federal Jerman dan Republik Demokrasi Jerman (RDJ - Jerman Timur). Baru melalui revolusi secara damai di RDJ, Tembok Berlin diruntuhkan tahun 1989. Perjanjian Dua-plus-Empat dengan negara-negara pemenang Perang Dunia II membuka jalan ke reunifikasi Jerman tanggal 3 Oktober 1990.


Politik: Mitra Demokratis di Dunia

Republik Federal Jerman, yang sejak 1990 terdiri dari 16 negara bagian, sejak pendiriannya 1949 merupakan negara federasi parlementer yang demokratis. Setiap negara bagian memiliki konstitusi, parlemen dan pemerintah sendiri. Kekuasaan negara tertinggi terletak pada federasi. Di samping parlemen atau Bundestag, Majelis Federal yang anggotanya diutus oleh pemerintah negara bagian turut serta dalam pembuatan undang-undang pada tingkat federal. Undang-Undang Dasar merupakan tatanan dasar negara di bidang hukum dan politik. Arti penting khusus dimiliki oleh hak-hak asasi yang termaktub dalam konstitusi itu.

Bersama mitranya di Eropa dan di seberang Atlantik, Jerman berusaha demi perdamaian, demokrasi dan hak asasi manusia di seluruh dunia, begitu juga demi pelestarian lingkungan hidup dan iklim. Jerman menjadi anggota organisasi penting pada tingkat Eropa dan organisasi internasional lain. Republik Federal Jerman termasuk negara pendiri Uni Eropa (UE) dan menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 1973. Angkatan bersenjata Jerman, Bundeswehr, turut serta dalam operasi di mancanegara yang diberi mandat oleh PBB dan yang dilakukan dalam rangka NATO dan UE.

Perekonomian: Kedudukan Kuat dalam Pasaran Global

Jerman merupakan perekonomian nasional terbesar di Uni Eropa dan yang terbesar keempat di dunia. Sebagai negara pengekspor, Jerman menempati peringkat kedua. Nama perusahaan Jerman dihargai tinggi di dunia internasional dan menjadi sinonim untuk label mutu "Made in Germany" yang melambangkan inovasi, kualitas dan kemajuan teknik. Di samping beberapa "global player" terkenal, banyak perusahaan madya yang mencapai posisi unggul di pasaran dunia menjadi ciri khas perekonomian Jerman. Termasuk di antara cabang industri penting antara lain industri mobil dan konstruksi mesin, elektroteknik, kimia, teknologi lingkungan dan nanoteknologi. Jerman adalah negara tujuan menarik untuk investasi modal asing. Ke-500 perusahaan terbesar di dunia mempunyai cabang di sini, totalnya ada sekitar 45.000 perusahaan asing.


Ilmu Pengetahuan: Negara Pendidikan dan Penelitian Inovatif

Jerman adalah negara penuh gagasan. Arti penting diberikan kepada pendidikan dan ilmu, penelitian dan pengembangan. Di negara ini terdapat sekitar 370 perguruan tinggi; bagi mahasiswa asing, Jerman merupakan negara studi yang paling disukai setelah Amerika Serikat dan Inggris. Dalam hal pendaftaran paten, Jerman menjadi nomor satu di antara negara-negara Eropa, dan tergolong ketiga negara paling inovatif di dunia bersama Jepang dan AS. Hingga kini 80 orang Jerman menerima Hadiah Nobel, di antaranya ada 68 ilmuwan yang dianugerahi penghargaan itu karena prestasi mereka di bidang ilmu alam. Organisasi penelitian ekstrauniversiter seperti Max-Planck-Gesellschaft, Fraunhofer-Gesellschaft, Leibniz-Gemeinschaft dan Helmholtz-Gemeinschaft dengan ratusan lembaga ilmiah menyediakan kondidi kerja optimal bagi ilmuwan dan mempunyai reputasi internasional.


Masyarakat: Kebinekaan yang Diwujudkan dalam Hidup

Penduduk Jerman berjumlah 82 juta jiwa, di antaranya sekitar 15 juta orang dengan apa yang disebut "latar belakang migrasi" – 7 juta di antaranya warga negara asing, 8 juta telah dinaturalisasi. Masyarakat ditandai oleh keanekaragaman gaya hidup dan ciri etnobudaya. Meskipun terjadi perubahan dalam masyarakat, keluarga tetap merupakan kelompok relasi sosial terpenting. Kebanyakan orang mempunyai pendidikan baik, taraf hidup tinggi dalam perbandingan internasional, dan ruang gerak cukup untuk kehidupan individual.


Kebudayaan dan Bahasa: Tradisi Kuat dan Masa Kini yang Kreatif

Jerman adalah negara Goethe, Schiller dan Thomas Mann, negara Bach, Beethoven dan Wagner. Menurut tradisi, kebudayaan memiliki arti penting dan banyak segi di sini: Terdapat sekitar 300 teater tetap dan 130 orkes profesional di Jerman, di samping itu 630 museum seni rupa dengan koleksi bertaraf internasional. Dengan terbitnya sekitar 94.000 judul buku baru dan cetakan ulang per tahun, Jerman pun tergolong negara perbukuan besar. Karya pelukis muda dicari di dunia internasional, film Jerman juga meraih sukses di banyak negara. Sekitar 120 juta orang adalah penutur asli bahasa Jerman, di Uni Eropa bahasa Jerman merupakan bahasa ibu yang paling banyak penuturnya. Di seluruh dunia dewasa ini ada 17 juta orang yang belajar bahasa Jerman sebagai bahasa asing.


Gaya Hidup: Mutu Kehidupan yang Tinggi

Jerman merupakan negara modern yang warganya bersikap terbuka, mutu kehidupannya yang tinggi ikut ditandai oleh keanekaragaman multinasional. Jerman kaya akan gaya hidup dan budaya keseharian: Masakannya sangat bervariasi dengan hidangan khas daerah. Setelah Perancis, Jermanlah yang memiliki paling banyak restoran berbintang tiga. Para petani anggur di ke-13 daerah pertanaman anggur menjunjung tinggi mutu produk; anggur Riesling Jerman digemari di dunia internasional. Sebagai negara tujuan wisata pun Jerman sangat tenar – termasuk di antara wisatawan asing yang banyak jumlahnya. Di samping mengunjungi ibu kota Berlin dan obyek-obyek sejarah seni-budaya, wisatawan tertarik juga oleh rangkaian konser dan festival musik bermutu serta acara olahraga besar. Jerman mempunyai 14 taman nasional, 101 taman cagar alam dan 15 reservat biosfer.

Mode dan desain dinilai tinggi. Pencipta di kedua bidang itu mencapai sukses internasional, hal yang berlaku juga untuk para arsitek Jerman. Sejumlah besar di antara mereka khusus merancang bangunan yang ramah lingkungan.




REPUBLIK FEDERAL JERMAN

Negara
Federasi berdasarkan demokrasi parlementer sejak tahun 1949



Ibu kota
Berlin, 3,4 juta penduduk 

Bendera kebangsaan 
Tiga garis horizontal berwarna hitam, merah, emas 

Lambang negara 

Burung elang

   

Lagu kebangsaan 
Bait ketiga syair Das Lied der Deutschen (Lagu Orang Jerman) karangan August Heinrich Hoffmann von Fallersleben; melodinya diambil dari Kaiserhymne gubahan Joseph Haydn. 
  
Hari raya nasional 
3 Oktober, Hari Persatuan Jerman

Zona waktu 

MET/MEST

  

Mata uang  
Jerman termasuk zone Ero, 1 Ero = 100 sen
Kode telepon  
+49 
Sufiks alamat internet 
.de (termasuk ke-10 domain utama yang paling tenar)
Bahasa resmi 
Bahasa Jerman. Seratus juta orang memakai bahasa Jerman sebagai bahasa ibu. Bahasa yang merupakan bahasa ibu bagi jumlah penduduk terbesar di Uni Eropa ialah bahasa Jerman.  


GEOGRAFI



Letak
Eropa Tengah

Luas 
357.021 km²

Perbatasan 
3.757 km

Garis pantai 
2.389 km

Negara tetangga 
Jerman terletak di jantung Eropa dan dikelilingi sembilan negara tetangga: Perancis, Swis, Austria, Cekia, Polandia, Denmark, Belanda, Belgia, Luksemburg

Gunung tertinggi 
Zugspitze 2.963 m

Sungai terpanjang 
Rhein 865 km, Elbe 700 km, Donau 686 km Kota-kota terbesar Berlin 3,4 juta penduduk, Hamburg (1,7 juta), München (1,3 juta), Köln (1,0 juta), Frankfurt am Main (676.000)
Struktur lanskap
Dari Laut Utara dan Laut Baltik hingga Pegunungan Alpen di sebelah selatan, struktur geografis Jerman terbagi dalam dataran Jerman Utara, ambang bukit barisan, daerah bukit barisan berteras di Jerman bagian barat daya, daerah kaki Pegunungan Alpen di Jerman Selatan, dan Pegunungan Alpen Bavaria.

Iklim
Zone iklim sedang bersifat kelautan/kontinental, cuaca sering berubah-ubah, arah angin terutama dari barat


PENDUDUK

Jumlah penduduk 

Jumlah pendudukJerman 82 juta jiwa (di antaranya hampir 42 juta perempuan). Sekitar 6,7 juta warga asing menetap di Jerman (8,2% dari jumlah penduduk seluruhnya).



Struktur usia 

14% di bawah 15 tahun, 20% di atas 65 tahun


Usia harapan hidup 

Dengan angka usia harapan hidup 77 tahun untuk laki-laki dan 82 tahun untuk perempuan, Jerman berada di atas angka rata-rata di OECD.


Tingkat urbanisasi 

89% penduduk tinggal di kota atau di kawasan aglomerasi. Di Jerman terdapat 81 kota besar berpenduduk 100.000 jiwa lebih.


Agama 

Kurang lebih 52 juta orang menganut agama Kristiani, sekitar 4 juta orang beragama Islam, ada 235.000 penganut agama Buddha dan 106.000 penganut agama Yahudi. Undang-Undang Dasar menjamin kebebasan beragama. Tidak ada gereja negara.




SISTEM POLITIK


Badan legislatif 
Sistem dwimajelis: Di samping Bundestag Jerman, para utusan pemerintah negara bagian di Bundesrat turut serta dalam legislasi untuk menjaga kepentingan negara bagian

Struktur negara 
Jerman adalah negara federasi yang terdiri dari 16 negara bagian, masing-masing dengan konstitusi, parlemen dan pemerintah. Kekuasaan negara tertinggi terletak pada federasi. Melalui Bundesrat, negara bagian terwakili dan dilibatkan dalam legislasi pada tingkat federal

Hak pilih 
Hak pilih aktif yang umum, sama dan rahasia mulai umur 18 tahun (dalam pemilihan umum tingkat kota/distrik untuk sebagian mulai umur 16 tahun). Bundestag dipilih empat tahun sekali
Kanselir Federal
Dr. Angela Merkel (CDU) sejak 2005
  
Sistem Kepartaian 
Sistem multipartai, kedudukan istimewa partai ditentukan oleh undang-undang dasar, dukungan dana oleh negara, pelarangan hanya dapat diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi Federal

Partai-partai di Bundestag
Partai Sosialis-Demokrat Jerman (SPD), Uni Demokrat Kristen (CDU), Uni Sosial Kristen (CSU), Serikat 90/Die Grünen (Partai Hijau), Partai Demokrat Liberal (FDP), Partai Kiri (Die Linke)




JERMAN DI DUNIA

Kerja sama internasional
Bersama dengan mitranya di Eropa dan di seberang Atlantik, Jerman berupaya demi perdamaian, demokrasi dan penaatan hak-hak asasi manusia di seluruh dunia. Jerman adalah anggota sejumlah organisasi antarnegara di Eropa serta organisasi internasional lain yang penting 

Uni Eropa 
Republik Federal Jerman termasuk negara pendiri Uni Eropa (UE). Dengan setoran sebesar 26,6 miliar Ero, Jerman menanggung kurang lebih 20 persen dari anggaran belanja UE, sehingga menjadi pembayar iuran terbesar.

Perserikatan Bangsa-Bangsa 
Sejak tahun 1973 Jerman menjadi anggota penuh komunitas antarbangsa atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dengan menanggung delapan persen lebih dari anggaran rutin PBB, Jerman menjadi pembayar iuran ketiga terbesar. Jerman termasuk negara kedudukan PBB: Sejak tahun 1996 Bonn bergelar “Kota PBB”, 19 anak organisasi PBB berkedudukan di sini.

Organisasi dan konfederasi lain 
Jerman menjadi anggota pakta pertahanan NATO (sejak 1955), Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE), Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) 

Kementerian Luar Negeri
Dengan kantor pusatnya di Berlin dan 229 perwakilan diplomatik di mancanegara, Kementerian Luar Negeri mewakili Jerman di dunia. Dewasa ini Jerman memelihara hubungan diplomatik dengan 190 lebih negara asing.

Penempatan di mancanegara
Angkatan bersenjata Jerman, Bundeswehr, turut serta dalam operasi di mancanegara, di antaranya aksi pelestarian perdamaian, misi kemanusiaan serta operasi penstabilan yang diberi mandat oleh PBB dan yang dilaksanakan dalam rangka NATO dan UE.





PEREKONOMIAN

Daya ekonomi 
Jerman merupakan perekonomian nasional terbesar di Uni Eropa (UE) dan yang keempat terbesar di dunia. Dengan produk domestik bruto (PDB) tertinggi dan jumlah penduduk terbesar di UE, Jerman adalah pasaran terpenting di UE. PDB-nya berjumlah 2.407,2 miliar Ero (2009)

Struktur 
Di samping perusahaan besar yang beroperasi secara internasional, perusahaan ukuran menengah merupakan inti perekonomian Jerman. Dari angkatan kerja seluruhnya, sekitar 70% bekerja di perusahaan madya

Bidang usaha penting 
Produksi mobil, konstruksi mesin, elektroteknik, kimia, teknologi lingkungan, mekanika halus, optik, teknik kedokteran, bioteknologi, teknologi gen, teknologi nano, teknologi penerbangan dan antariksa, logistik

Lokasi untuk penanaman modal
Jerman adalah negara tujuan menarik untuk investasi modal asing. Ke-500 perusahaan terbesar di dunia mempunyai cabang di negara ini, total sekitar 45.000 perusahaan asing. Penanaman langsung modal asing (status 2007): 630 miliar dolar AS

Prasarana 
Jerman memiliki prasarana berstandar tinggi yang dikembangkan secara dinamis. Panjang jaringan rel kereta api 41.000 km, jalan umum sekitar 230.000 km. Jaringan telepon dan komunikasi Jerman tergolong yang paling modern di dunia





PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN


Pendaftaran paten 
Dilihat dari jumlah pendaftaran paten, Jerman merupakan nomor wahid di antara negara-negara Eropa. Dengan pendaftaran paten triade sebanyak kurang lebih 6.200 dari jumlah total hampir 52.000 di seluruh dunia, Jerman bersama Jepang dan Amerika Serikat tergolong ketiga negara paling inovatif.


Lembaga penelitian terkemuka
Sejak tahun 1948, 17 ilmuwan dari Max-Planck-Gesellschaft menerima Hadiah Nobel. Organisasi lain yang terpandang di dunia internasional: Fraunhofer-Gesellschaft di bidang penelitian terapan, Leibniz-Gemeinschaft yang bidang kegiatannya sangat luas, serta Helmholtz-Gemeinschaft dengan 16 lembaga penelitian besar yang tergolong paling top di dunia.


KOMUNIKASI

Kebebasan berpendapat
Undang-undang dasar menjamin kebebasan pers dan kebebasan berpendapat.

Pers 
Sekitar 350 surat kabar harian dengan tiras terjual total 24 juta eksemplar dan jangkauan 71% penduduk. Deutsche Presse-Agentur (dpa) merupakan kantor berita terbesar keempat di dunia.

Majalah 
1.500 majalah umum, di antaranya “Der Spiegel”, “Stern”, “Focus”

Internet
73% di antara rumah tangga dan 96% dari perusahaan (10 pegawai lebih) memiliki akses ke internet, 79% di antara perusahaan tersebut memelihara situs web sendiri.

Radio, televisi
Sistem dual: Di samping lembaga penyiaran radio (ARD) dan televisi (ARD, ZDF) berstatus publik (dibiayai oleh iuran), terdapat lembaga penyiaran swasta (dibiayai oleh iklan). ZDF merupakan lembaga penyiaran terbesar di Eropa. Lembaga penyiaran untuk mancanegara adalah Deutsche Welle (DW-TV, DW-Radio – antara lain dengan Siaran Bahasa Indonesia –, DW.de dan DW-Akademie)



SISTEM SOSIAL

Jaminan sosial 
Jerman memiliki jaringan sistem jaminan sosial (asuransi-asuransi purnakarya, kesehatan, perawatan dan pengangguran) yang sudah dikembangkan sejak lama. Sistem tersebut dibiayai bersama oleh pekerja dan pemberi kerja menurut bagiannya.

Kesehatan
Hampir semua penduduk Jerman menjadi anggota asuransi kesehatan. Dengan pengeluaran total untuk bidang kesehatan sebesar 10,4% (dari PDB), Jerman melebihi angka rata-rata di negara OECD, yaitu 8,9%.



NEGARA STUDI

Perguruan tinggi
Di Jerman terdapat sekitar 370 perguruan tinggi, di antaranya 140 dengan hak promosi doktor dan kurang lebih 200 perguruan tinggi ilmu terapan. Hampir separuh di antara kedua juta mahasiswa adalah perempuan. Peraturan pemungutan iuran kuliah tidak seragam. Lima negara bagian memungut uang kuliah sebanyak maksimal 500 Ero per semester untuk studi pertama; di hampir semua perguruan tinggi berlaku iuran kuliah untuk studi yang lamanya melampaui standar dan untuk studi kedua.

Mahasiswa asing 
Di perguruan tinggi Jerman terdaftar 240.000 mahasiswi dan mahasiswa asing. Dengan demikian Jerman menyusul Amerika Serikat dan Inggris sebagai negara tujuan paling menarik bagi mahasiswa dari luar negeri

Strata/gelar
Bachelor, Master, ujian negara, diploma (sebanding S 2), Magister, Doktor.



KEBUDAYAAN

Tradisi 
Pujangga, komponis dan filsuf Jerman seperti Goethe, Schiller, Bach, Beethoven, Kant dan Hegel telah membentuk citra dari era budaya masing-masing. Kedudukan tinggi mereka diakui di seluruh dunia 

Federalisme di bidang budaya
Berkat struktur Jerman sebagai negara federal dan adanya kewenangan negara bagian di bidang kebudayaan terdapat aneka ragam institusi seni-budaya serta kehidupan budaya yang kaya di seluruh negeri. Khususnya ibu kota Berlin memiliki jumlah atraksi yang besar dengan tiga gedung opera, 120 museum, lebih dari 50 teater, dan lingkungan pencipta seni rupa yang penuh gairah dan yang menarik juga bagi perupa muda dari luar negeri 

Institusi budaya 
6.200 museum (di antaranya 630 museum seni rupa), 820 gedung pertunjukan teater (termasuk teater musik dan gedung opera), 130 orkes profesional, 8.800 perpustakaan

Festival
Festival Richard Wagner di Bayreuth, Bachfest di Leipzig, Jumpa Teater dan Festival Film Internasional (Berlinale) di Berlin, Rock am Ring

Buku 
94.300 buku terbitan baru atau edisi ulang per tahun

Warisan Dunia UNESCO 
Di Jerman terdapat 33 cagar budaya dan cagar alam yang di- nyatakan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia.


IKLIM

Pelestarian alam
Jerman menjadi habitat bagi sekitar 48.000 spesies binatang dan kurang lebih 24.000 spesies tumbuhan, lumut, jamur dan ganggang laut. Sejak tahun 1994 pelestarian alam ditetapkan dalam konstitusi sebagai salah satu tujuan negara.

Pelindungan iklim
Sejak tahun 1990 Jerman telah mengurangi emisi gas rumah-kacanya sebanyak hampir 24 persen; dengan demikian batas kewajib¬an yang harus dipenuhinya menurut Pernyataan Kyoto telah dilampaui. Dalam program pelestarian energi dan iklim, Jerman menetapkan tahun 2020 sebagai batas waktu untuk mengurangi emisi CO2 dengan 40 persen dibandingkan dengan volumenya pada tahun 1990. Dengan target yang ditetapkannya sendiri itu, Jerman menjadi pelopor di antara negara-negara lain.

Sumber-sumber energi
Sumber energi primer terpenting adalah minyak bumi yang bagiannya mencapai sepertiga lebih, diikuti oleh gas bumi, batu bara muda, batu bara dan energi nuklir. Sumber energi terbarukan seperti angin, air, biomassa atau fotovoltaik mencapai lebih dari sepuluh persen dari pemakaian energi total di Jerman.

Tenaga angin
Dengan mencapai bagian sebesar 14 persen dari daya listrik yang dihasilkan di dunia dari energi angin, Jerman termasuk produsen energi tenaga angin terbesar setelah Cina danAS.

Energi surya
Dengan daya terpasang sebesar 17.300 Megawatt, Jerman menempati peringkat pertama di bidang fotovoltaik, diikuti oleh Spanyol dan Jepang.


KEHIDUPAN MODERN

Masakan Jerman
Tidak ada “masakan Jerman” yang seragam, melainkan sejum­lah besar masakan khas daerah. Juru masak terkemuka di Jerman pun mengembangkan masakan daerah. Buku panduan gastronomi “Guide Michelin“ edisi 2010 memberikan tanda bintangnya kepada lebih dari 200 restoran Jerman. Setelah Perancis, Jermanlah yang memiliki paling banyak restoran berbintang tiga. Banyak penikmat masakan mewah ditemukan di Berlin dan Hamburg. Termasuk di antara juru masak terkemuka Jerman antara lain Harald Wohlfahrt dan Dieter Müller. Sejak tahun 2009 Juliane Caspar dari Jerman menjadi kepala redaksi “Guide Michelin“ terbitan Pe­rancis sebagai perempuan dan orang asing pertama.

Bahan pangan organik
Semakin banyak petani Jerman beralih ke pertanian organik. Antara tahun 1996 dan 2008, jumlah usaha pertanian yang bekerja menurut kriteria ekologi naik dari kurang lebih 7.400 menjadi 19.800. Di pasar swalayan dan toko khusus di Jerman tersedia lebih dari 56.000 produk yang memakai label resmi “Bio-Siegel” sebagai hasil pertanian organik. Kriteria untuk klasifikasinya sangat ketat: dalam produksi bahan pangan tersebut tidak boleh dipakai pestisida atau teknologi pengubah gene; produk hewani harus berasal dari peternakan biologis.

Anggur dari Jerman
Anggur Jerman tumbuh di 13 dae­r­ah pertanaman; di atas lahan seluas 100.000 hektar lebih dihasilkan sejumlah besar jenis minuman anggur khas daerah. Daerah pertanaman anggur terutama terletak di kawasan barat daya dan selatan, kecuali da­erah Sachsen dan Saale-­Unstrut yang terletak di kawasan timur Jerman. Ada hampir 140 jenis pohon anggur, namun hanya dua lusin di antaranya mempunyai arti besar di pasar­an, terutama jenis anggur putih Riesling dan Müller-Thurgau. Sekitar dua pertiga dari produksi anggur Jerman terdiri dari anggur putih, sisanya anggur merah. Produksi total per tahun mencapai 10 juta hektoliter; dua hektoliter di antaranya diekspor, terutama ke Amerika Serikat, Inggris dan Belanda.


Daerah pertanaman anggur
• Ahr
• Baden
• Franken
• Hessische Bergstraße
• Mittelrhein
• Mosel-Saar-Ruwer
• Nahe
• Pfalz
• Rheingau
• Rheinhessen
• Saale-Unstrut
• Sachsen
• Württemberg

Pusat Pariwisata Jerman
Deutsche Zentrale für Tourismus (DZT) adalah Badan Pariwisata Nasional Jerman yang berkedudukan di Frankfurt am Main. Melalui enam pengelola regional dan 29 perwakilan di luar negeri serta agen distribusi, organisasi turisme ini mengkoordinasi dan melaksanakan kegiatan pemasaran dan distribusi internasionalnya.


Taman Nasional
Sebagian besar di antara ke-14 taman nasional Jerman terletak di bagian utara. Ciri istimewa semua taman itu ialah alam dan lanskap yang unik yang dipeli­hara demi pelestarian keanekaan jenis tumbuhan dan binatang yang langka. Taman nasional terbesar adalah Nationalpark Schleswig-Holsteinisches Watten­meer seluas 441.000 hektar, yang terkecil ialah Nationalpark Jasmund di Pulau Rügen yang arealnya seluas 3.003 hektar mencakup tebing-tebing kapur yang terkenal.

Bauhaus
Bauhaus (1919–1933) dianggap sebagai perguruan seni rupa, desain dan arsitektur paling termasyhur di era modern klasik. Sekolah yang didirikan oleh Walter Gropius itu mula-mula berkedudukan di Weimar, ke­mudian pindah ke Dessau. Kelompok seniman dan arsitek Bauhaus menciptakan cara peng­ungkapan dalam rupa yang baru, jelas dan sesuai dengan zaman. Pengaruh corak baru itu masih terasa sampai sekarang. Termasuk di antara tokoh-tokoh Bauhaus terkenal ialah Ludwig Mies van der Rohe, Lyonel Feininger, Oskar Schlemmer, Marianne Brandt dan Sophie Taeuber-Arp.








-http://www.tatsachen-ueber-deutschland.de-


© Die Rosarote Brille, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena