Bleibt Jung und Rebeliert.

Sonntag, 2. Dezember 2012

Arti Motif pada Tattoo.



Eule.. :)


Tattoo.
Kali ini saya bahas sedikit mengenai Tattoo, karena saya sendiri cuma seorang penikmat penyuka seni dan arti simbol dari Tattoo itu sendiri. Dulu, bahkan dari keluarga saya sendiri mempunyai budaya yang cukup ektrim memandang orang bertato itu dengan pribadi yang negativ saja kesannya. Entah kenapa seperti itu, atau mungkin dulu kalau saya boleh berspekulasi orang bertato punya kesan karakter yang “nakal”.
Bagi saya Tattoo itu indah. Pokoknya suka, itu saja. Tak perlu diperdebatkan kenapa A kenapa B dan kenapa Z.
Untuk jenis media image Tattoo sendiri, secara pribadi lebih tertarik dengan Tattoo yang berukuran simple dan minimalis dengan karakter halus, namun terkesan elegan. Tentu saja yang sesuai dengan karakter masing-masing individu. Bagaimana dengan Tatoo yang dirajah di sekujur tubuh dengan pola ekstrim lebar?, untuk ini saya kurang tertarik. Justru bagi saya setting Tattoo di bagian tubuh yang tidak mudah terlihat mata itu bagian yang tepat. Tattoo kan simbol diri pribadi, bukan begitu? :D
Jenis Tattoo ada yang bersifat permanen dan temporary, tergantung kalian lebih nyaman yang mana. Kalau cukup penikmat seni Tattoo, tak harus juga merajah kulitnya. Tattoo itu memiliki penikmat yang majemuk universal.
Berikut ada beberapa informasi yang saya dapatkan dari pembuat Tattoo, Biand Tattoo yang berlokasi di Surabaya tentang makna dan arti karakter simbol visualisasi Tattoo :

  1. Apel, melambangkan ‘Awal Kehidupan Yang Baru’, hal ini terinsoirasi dari kisah Adam dan Hawa.
  2. Pisau, melambangkan ‘ Loyalitas Tehadap Sesuatu Hal atau Keteguhan Hati’. Ini bisa didapatkan dari kebudayaan bangsa Jepang yang rela memotong jari sebagai tanda penyesalan dari kegagalan yang dilakukan untuk menaikkan harga diri yang telah jatuh.
  3. Mata, melambangkan ‘ Sisi keingintahuan yang lebih mengarak ke sifat Waspada’. Ini terdapat pada Napi yang berada di penjara, dimana mereka telah mengalami pelecehan sexual selama dalam pejara. Dan ada pula yang dijadikan sebagai tanda pemilik tattoo tersebut adalah seorang Informan yang telah diketahui identitasnya.
  4. Kipas, biasanya lebih divisualisasikan dengan motif oriental. Banyak orang melambangkan Kipas sebagai sisi keindahan dan feminisme pada wanita. Hal ini dari budaya Geisha yang pernah ada di Jepang, padahal di Jepang sendiri Kipas merupakan alat untuk pengusir roh.
  5. Bendera, merupakan simbol Cinta Terhadap Tanah Air atau rasa Patriotisme yang tinggi. Untuk motif ini, saya lebih sering melihat di luar negeri atau orang luar negeri yang menggunakan motif ini sebagai rasa cinta dan bangga kepada tanah air.
  6. Fleur de Lis, motif ini digunakan sebagai lambang Pramuka di seluruh dunia. Lambang ini juga merupakan simbol resmi Kerajaan Perancis yang memiliki arti Kemerdekaan dan Kebebasan.
  7. Buah Anggur, ini adalah simbol kuno dari bangsa Greek, melambangkan Dewa Dioysus. Ada banyak yang salah mengartikan buah anggur sebagai lambang “Kesuburan dan Kehidupan”. Tapi dalam motif Tattoo buah anggur melambangkan ‘Kehidupan yang Sempurna degan Alkohol yang Menemaninya’. Mungkin bisa jadi kalau di Indonesia mempunyaiarti ‘Pecinta Minuman Keras’.
  8. Bunga Lotus, dalam budaya China, bunga Lotus adalah bunga yang Indah meskipun tumbuh di daerah yang berlumpu, ini berarti “Semua itu Indah walaupun tak ada yang Sempurna”.
  9. Bintang Nautica, motif ini sering dipakai untuk Tattoo sejak dulu sampai sekarang. Bintang yang memiliki strip hitam dan merah, namun bisa juga dengan variasi warna lain, ini melambangkan sebagai ‘ Sinar Kehidupan yang Tak Pernah Padam’. Atau dengan kata lain ‘ Kekuatan Yang Dimiliki Semua Orang’.
  10. Jaring Laba-Laba, ada yang bilang motif Tattoo di sikut tangan melambangkan kehidupan. Namun motif ini asalnya dari sebuah Gangster Motor terkenal bernama Hells Angels, yang memiliki arti ‘Penjaga Bikers agar tidak terjatuh saat mengendarai Motor Harley’ atau bisa juga berarti ‘ Penjaga dari Kesialan’.
  11. Jangkar, mungkin selalu identik dengan hal-hal yang berbau laut dan pelaut ya. Tapi arti sesungguhnya menggambarkan ‘Perlindungan, Pengharapan, dan Pengorbanan’. Lebih ditujukan ‘Rasa Tanggung Jawab sebagai Kepala Rumah Tangga’.
  12. Bunga Hibiscus, dikenal juga sebagai “Clover” merupakan simbol nasional bangsa Irish. Memiliki arti “ Ketegaran Seorang Wanita” biasanya untuk menunjukkan kasih sayang kepada seorang ibu.
  13. Bulu, menggambarkan ‘Kreativitas’ atau menggambarkan ‘Terlahir Kembali’.
  14. Hati, menggambarkan sifat kasih sayang.
  15. Daun, berarti tentang “Kebahagiaan atau Baru Terlahir Kembali”.
  16. Bulan, menggambarkan dari kehidupan yang selalu silih berganti.
  17. Bunga Mawar, arti sebenarnya adalah “ Keindahan dan Kecantikan yang Abadi”, namun bunga mawar juga memiliki arti sebagai ‘Kesuburan’ yang digunakan oleh Bangsa Pagan sebagai simbol yang menggambarkan Wanita.
  18. Tengkorak, sesuai gambaran visualisasinya, berarti tentang hal yang kelam atau kematian.


             Motif Binatang :
  1. Burung, melambangkan “Kebebasan dan Keindahan” hal ini diwakili dengan gradasi warna yang cerah dan bervariasi. Biasanya visualisasi motig burung yang sering dipakai adalah burung Walet, burung Hantu, burung Phoenix, burung Gagak, dll.... bisa juga divariasi dengan arti yang beda pula.
  2. Kura-Kura, melambangkan umur yang panjang.
  3. Singa, simbol keberanian, waspada, dan keabadian.
  4. Monyet, menggambarkan ‘ Pengharapan, Pengetahuan, dan Kekuatan Setan’. Pernah terkenal dengan sebutan Three Monkey, yang berarti ‘ See No Evil, Talk No Evil, and Hear No Evil’.
  5. Katak, menggambarkan perubahan positif dalam hidup.              
  6. Anjing, menggambarkan kesetiaan dan kepercayaan yang akhirnya ada istilah “ Man’s Best Friend”.’ ala saya menjadi : Ein Hund ist Man’s Best Friend! :D
  7. Capung, yang berarti Kehidupan dan Spiritual.
  8. Kadal, memiliki arti kekuatan untuk bangkit dari kesulitan. Hal ini dikarenakan Kadal, Tokek, atau Cicak akan melepaskan ekornya untuk bertahan hidup dan ekor tersebut akan tumbuh lagi nantinya.
  9. Kucing, Sisi wanita yang feminim dan lembut. Kucing merupakan hewan yang haus kasih sayang. Bagi bangsa Mesir kuno, kucing sebagai simbol kematian, karena dia bisa membantu menghubungkan kehidupan di dunia dan kehidupan sesudah kematian.
  10. Ikan, yang sering dipakai motif ikan Koi, ikan  Cupang, Hiu, Lumba-Lumba, motif ikan menggambarkan Keuburan. Hal ini bisa dilihat dari naskah The Celtic of Wisdom.
  11. Kupu-Kupu, menggambarkan tanda syukur akan keindahan warna-warni kehidupan di dunia meskipun hanya sementara, hal ini bisa dilihat dari umur kupu-kupu yang singkat dengan memiliki keindahan warna pada sayapnya. Ada pula menggambarkan tentang simbol keindahan.



Mitologi dan Kepercayan:
Naga, ada 2 pengertian: untuk naga Amerika melambangkan kekuatan, sedangkan naga Jepang melambangkan keinginan (cita-cita) dan  kepintaran.
  1. Salib, melambangkan pengorbanan dan cinta kasih.
  2. Peri, bangsa Irish menggambarkan ‘Sikap yang optimis , bahwa setiap ada kesulitan pasti ada kebahagiaan’ atau bisa ‘ Sikap anak kecil yang selalu tersenyum’.
  3. Yin-Yang, simbol keseimbangan.
  4. Malaikat, visualisasi malaikat pria atau wanita memiliki arti yang sama : Perlindungan, Keamanan, dan sebagai penjaga harapan dan cita-cita.





© Die Rosarote Brille, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena